Senin, 28 Desember 2009

Multiple Intelligence, Kecerdasan Bahasa


Pentingnya memahami multiple intelligence dan karakter.

Anak yang memiliki multiple Intelligence dengan dominasi kecerdasan bahasa tentunya tergolong anak yang tidak menemui banyak kesulitan dalam menerima pelajaran di sekolah. Kecerdasan logika – matematika dan bahasa merupakan kecerdasan di sekolah. Anak dengan kecerdasan bahasa yang tinggi dapat cepat tanggap ketika memperoleh penjelasan dari gurunya. Anak demikian cenderung meremehkan pelajaran yang diterimanya karena ia dapat dengan cepat memahami pelajaran ketika belajar. Pernyataannya “ gampang mama, adik dah bisa kog”, ketika di suruh belajar.

Kecerdasan bahasa adalah kemampuan dan kepekaan akan makna dan urutan kata serta kemampuan membuat beragam penggunaan bahasa untuk menyatakan dan memaknai arti yang kompleks. Termasuk dalam hal ini meyakinkan, menyampaikan informasi baik lisan maupun tertulis serta memberikan semangat pada orang lain. Tanda atau gejala perilaku yang nampak pada anak dengan kecerdasan verbal yang tinggi adalah :

- Suka berbicara dan bercerita.
- Suka korespondensi dan berdebat.
- Suka mendengarkan orang lain dan suka bertanya.
- Memiliki kosa kata yang baik.
- Mudah menirukandengan cepat dialek suatu daerah
- Dapat mempelajari bahasa baru ( asing ) dengan mudah.
- Suka bermain dengan kata-kata : permainan kata dan sajak atau berpuisi.
- Suka membaca dan Menulis.
- Umumnya nilai pelajaran bahasa Inggris atau mandarinnya baik.
- Pandai dalam mengingat nama-nama, tempat, tanggal dan hal sepele.

Disamping mengetahui level kecerdasan verbal anak, maka hal yang lebih penting lagi adalah karakter bicara anak. Ada individu yang cenderung “berbicara to the point”. Ia menghendaki efisiensi dalam berbicara. Individu ini cenderung menyukai situasi formal dalam berbicara. Ia lebih menyukai bicara dengan persiapan lebih dulu. Tergolong orang yang berbicara runtut dan pembicaraannya membuat orang lain jelas. Ia lebih suka dan cenderung mudah berbicara manakala diberikan data.

Berdasar atas analisa sidik jari juga ada individu yang karakter berbicaranya melompat-lompat. Seringkali pembicaraannya belum selesai dan berpindah topik yang lain manakala terbersit dalam pikirannya topik lainnya. Individu ini membuat orang lain kurang paham atas pembicaraannya. Manakala ia menjual suatu produk atau jasa maka ia memiliki kecenderungan untuk menjelaskan seluruh detail produk atau jasa tersebut termasuk tentang kelebihan dan kelemahannya. Individu ini perlu berbicara point pokok saja dan berlatih untuk berbicara dengan sebuah panduan.

Cara untuk meningkatkan kecerdasan verbal adalah dengan cara :

- Berbicara dengan bahasa dewasa ketika berinteraksi dengan anak.
- Menambah kosakata dengan pembicaraan keseharian sehingga anak mampu
menanggapi suatu cerita atau pembicaraan.
- Memberikan dongeng, bercerita atau membacakan buku sebelum tidur.
- Mendorong anak untuk membaca dan memiliki tempat membaca di rumah.
- Belajar atau kursus bahasa asing dan berbicara dalam kesehariannya dengan
bahasa tersebut.
- Mendorong anak untuk mengungkapkan pandangannya sendiri.
- Mengikut anak untuk belajar menjadi presenter dan mendorong anak untuk
mengikuti lomba debat atau presentasi.

Dalam mengikutkan anak untuk belajar bahasa asing maka ada anak yang memiliki kemampuan untuk belajar lebih dari 2 bahasa dan ada anak yang perlu belajar satu persatu. Oleh karena itu informasi mengenai kapasitas otak diperlukan untuk mengarahkan individu ini. Suatu ungkapan yang dinyatakan oleh orang tua, “ anak saya pandai dalam belajar bahasa Inggris dan Mandarin, sedangkan anak teman saya hanya nilai bahasa Inggris nya yang baik sedangkan nilai Bahasa Mandarinnya kurang baik. Anak dengan kapasitas otak yang kecil juga memiliki kepandaian tetapi ia perlu belajar untuk segera menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapinya. Anak demikian mudah stress bila banyak masalah yang belum diselesaikannya.

Sedangkan karir yang tepat untuk individu dengan kecerdasan verbal adalah : Penceramah, Wartawan, Penulis, Guru bahasa, Pengacara, Editor, Pelawak, ahli debat professional, penterjemah, pembawa acara.

Demikian yang dapat kami sharingkan, mudah2an dapat mendatangkan manfaat.

Salam sukses selalu
Drs.Psi. Reksa Boeana.
Executive Partner Smart Business Solution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar