Rabu, 24 Februari 2010

Optimalisasi Belajar melalui Kecerdasan Verbal

Optimalisasi Belajar melalui finger test

Individu yang dilahirkan memiliki kecerdasan verbal yang tinggi memiliki ciri : banyak bicara dan suka bercerita, ia juga mudah dan cepat dalam menirukan dialek suatu daerah, atau belajar bahasa asing. Melalui fingerprint test dapat diketahui peringkat kecerdasan ini, yang berguna dalam memilih metode belajar yang tepat bagi anak.

Individu dengan kecerdasan ini, tergolong orang yang mudah memahami suatu materi baru. Dengan cepat ia memahami penjelasan yang disampaikan kepadanya. Oleh karena itu anak dengan kecerdasan verbal yang tinggi cenderung meremehkan materi pelajaran karena ia merasa dapat dengan cepat memahami suatu materi. Sistem belajarnya cenderung SKS ( Sistem Kebut Semalam) atau pada saat akan ujian, ia baru bersedia untuk belajar.

Bila ia tergolong audio learner maka saran belajar yang tepat adalah dengan menggunakan suara. Belajar dengan menyampaikannya secara keras cukup banyak membantu individu ini. Ia cenderung senang mendengarkan penjelasan melalui audio book. Materi yang sama dapat didengarkannya berulang-ulang dan tidak bosan. Teknik merekam suara ketika belajar juga bisa dilakukan untuk mengoptimalkan hasil belajarnya.

Seorang pembelajar yang cenderung kurang bisa belajar pada situasi sepi. Ia menghendaki suara musik atau radio ketika belajar. Interaksinya dengan kecerdasan intrapersonal yang membedakan cara optimasi belajarnya. Ada individu yang cenderung menyampaikan setiap apa yang menarik dari materi yang dibacanya. Ada pula yang mencerna materi itu terlebih dahulu, dengan kesimpulannya maka ia baru dapat menyampaikan kepada orang lain. Kecenderungan perilaku ini sesuai dengan tingkat kecerdasannya yang diidentifikasi melalui fingerprint test. Kenali modalitas belajar sehingga anda dapat belajar secara optimal. Moga bermanfaat.

Salam Sukses Selalu

Drs.Psi. Reksa Boeana
Executive Partner Smart Business Solution

4 komentar:

  1. salam kenal
    perkenalkan ...saya teguh mulyono di sidoarjo.
    aktiviatas sekarang marketing penerbitan..saya tertarik mengetahui lebh jauh ttg fingerprint test...alamat kantornya dimana?
    salam hormat
    teguh m, 031071739261, 081556739663

    BalasHapus
  2. Nanti di hubungi oleh team kami pak by phone, thanks atas atensinya

    BalasHapus
  3. Sebuah pandangan yang inspiratif untuk pendidikan anak2 kita demi kejayaan bangsa kedepan.
    etalenta

    BalasHapus
  4. makasih buat etalenta, mari tingkatkan karya demi generasi bangsa Indonesia di masa hadapan.

    BalasHapus